Image default
breaking newsGo Malang

Rehabilitasi Jembatan Splendid Malang Kota: Meningkatkan Keamanan dan Kenyamanan

Pembangunan rehabilitasi jembatan dan perengan Sungai Brantas di Jalan Brawijaya-Splendid, Kota Malang, telah memasuki tahap penggalian pondasi dan penyusunan kolom besi penguat perengan. Proyek ini dipimpin oleh Hernu sebagai Kepala Proyek dan Ibrahim sebagai Kepala Pelaksana lapangan, dengan bantuan Andri sebagai pengawas/mandor pembangunan dari CV. Jaya Abadi.

perbaikan jembatan Splindid

Anggaran pembangunan ini berasal dari APBD Kota Malang tahun 2023, dengan total senilai Rp 817.891.000,00. Nomor Surat Perintah Kerja (SpK) untuk proyek ini adalah 056/74/SP.BM/35.73.403/2023.

Rehabilitasi jembatan dan perengan Sungai Brantas ini bertujuan untuk menahan longsor dan pengikisan sungai yang mengkhawatirkan warga masyarakat, terutama mereka yang melakukan kegiatan sehari-hari di sekitar bantaran Sungai Brantas. Salah satu pihak yang sangat menyambut gembira pembangunan ini adalah Rosidi, seorang pedagang soto yang setiap hari berjualan di Splendid. Pembangunan ini diharapkan dapat menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi pedagang serta pejalan kaki yang melintas di sekitar area tersebut.

Selain meningkatkan keamanan dan kenyamanan, rehabilitasi jembatan dan perengan Sungai Brantas juga memiliki dampak positif lainnya. Beberapa di antaranya adalah:

1. Meningkatkan Aksesibilitas

Dengan adanya jembatan yang direhabilitasi, aksesibilitas ke area Splendid akan menjadi lebih baik. Hal ini akan memudahkan masyarakat dan pengunjung untuk mencapai tempat-tempat penting di sekitar jembatan, seperti pasar, pusat perbelanjaan, dan tempat-tempat wisata.

perbaikan jembatan Splendid
perbaikan jembatan Splendid

2. Memperbaiki Infrastruktur

Rehabilitasi jembatan juga berarti memperbaiki infrastruktur yang ada. Jembatan yang telah rusak atau mengalami kerusakan akan diperbaiki sehingga dapat digunakan dengan aman dan nyaman. Hal ini akan mengurangi risiko kecelakaan dan memperpanjang umur jembatan.

3. Meningkatkan Keindahan Kota

Jembatan yang direhabilitasi juga akan memberikan dampak visual yang positif bagi Kota Malang. Jembatan yang terlihat rapi dan terawat akan menambah keindahan kota dan memberikan kesan yang baik bagi pengunjung. Hal ini juga dapat menjadi daya tarik wisata tersendiri.

parkiran jembatan Splendid
parkiran jembatan Splendid

4. Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Dengan adanya jembatan yang direhabilitasi, aktivitas ekonomi di sekitar area tersebut juga akan meningkat. Pedagang seperti Rosidi akan mendapatkan manfaat dari peningkatan aksesibilitas dan keamanan yang lebih baik. Selain itu, pembangunan ini juga dapat menarik investasi baru dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Malang secara keseluruhan.

Dalam keseluruhan proyek rehabilitasi jembatan Splendid Malang Kota ini, diharapkan peran Masyarakat untuk mengawasi proyek ini guna terhindarnya penyelewengan/ hal lainnya yang membahayakan.

Diharapkan, dengan adanya rehabilitasi jembatan dan perengan Sungai Brantas ini, keamanan dan kenyamanan bagi pedagang, pejalan kaki, serta masyarakat umum di sekitar area tersebut dapat terjamin. (Erik Hamzah- oktober 2023)

Related posts

Identitas Maling Tepergok Lalu Terperosok hingga Tewas di Sungai Jilu, Malang

rizky_EM

Dinsos Kota Malang Antisipasi Tren Nikah Dini untuk Atasi Stunting

sinta

Niat Potong Daging Kurban Ayu Ting Ting Malah Dihujat, Penampilannya Dianggap Terlalu Vulgar

sinta

Leave a Comment